1. HOME
  2. PARIWISATA

Pariwisata Jatim akan dikemas menarik dengan tonjolkan budaya lokal

Targetnya sampai dengan 2019 ada sekitar 1 juta turis mancanegara yang mengunjungi Jatim.

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 22 Januari 2018 18:37

Merdeka.com, Jatim - Sektor pariwisata menjanjikan potensi yang luar biasa dalam memajukan perekonomian Jatim di masa mendatang. Dari tahun ke tahun, sektor pariwisata menunjukkan tren positif, di mana berkontribusi cukup besar bagi PDRB Jatim yaitu sebesar Rp 106 triliun.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, pariwisata Jatim bisa menjadi sektor yang menjanjikan apabila dikemas dengan menarik dengan menonjolkan kebudayaan lokal. Wisata harus dikembangkan menjadi tontonan menarik untuk semua generasi, baik turis lokal maupun mancanegara.

Dengan dikemas menjadi lebih menarik, maka turis akan berbondong bondong ingin mengunjungi Jatim. Dari data, ada tahun 2009 jumlah kunjungan turis mancanegara sebanyak sekitar 300 ribu. Saat ini mencapai 600 ribu.

Targetnya sampai dengan 2019 ada sekitar 1 juta turis yang mengunjungi Jatim. "Perlu kerja keras agar turis menyenangi budaya Jatim. Oleh sebab itu, potensi wisata harus digali dan dikemas dengan baik," kata Gus Ipul pada ada acara Gelar pesona Etnik Jatim dan Launching Seni Pariwisata Disbudpar tahun 2018 di Gedung Cakdurasim, Surabaya, Sabtu (20/1).

Gus Ipul menambahkan, jumlah kunjungan turis ke Jatim juga dipengaruhi oleh infrastruktur. Dengan digalakkannya pembangunan tol yang menghubungkan Jateng dengan Jatim, maka menjadi potensi semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Kadisbudpar Jatim, Djarianto menuturkan pariwisata Jatim tiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 kunjungan wisatawan lokal sebanyak 54 juta orang, meningkat 4-5 persen pada 2017 sebanyak 58 juta lebih.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Info Wisata
  2. Seni dan Budaya
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata