1. HOME
  2. PARIWISATA

Ini tempat-tempat kemping asyik di Malang

Malang dengan keelokan alamnya selalu memikat para wisatawan untuk berkunjung.

©2017 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Kamis, 30 Maret 2017 11:13

Merdeka.com, Jatim - Mendirikan tenda di luar alias camping merupakan salah satu cara menikmati akhir pekan yang cukup memikat, terutama bagi para pecinta alam bebas. Menentukan lokasi yang tepat, merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan sebelum kamu memutuskan untuk kemping.

Tak dipungkiri, Malang dengan keelokan alamnya selalu memikat para wisatawan untuk berkunjung. Sayangnya, tak semua lokasi wisata alam tersebut dapat menjadi tempat sesuai untuk mendirikan tenda.

Nah, agar kamu tak salah pilih , berikut sederetan lokasi camping dengan suasana dan tempat yang asik untuk menikmati camping di akhir pekan.

1. Bumi Perkemahan Bedengan

Hadir dengan kesejukan hutan pinus dan cemara, Bendengan selalu menjadi pujaan para pecinta wisata kemah alias kemping. Menawarkan kenyamanan suasana, Bendengan selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan tiba. Keberadaan air sungai jernih yang mengalir di sekitar Bedengan membuatnya semakin diburu para wisatawan.

Nama 'Bedengan' muncul lantaran lokasi ini digunakan oleh PT.Perhutani sebagai tempat pembibitan tanaman pohon yang biasa disebut bedeng. Bedengan berada di bawah pengelolaan Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo.

Fasilitas dan layanan yang bisa kamu dapatkan di Bedengan, antara lain:
Camping Ground seluas 2,5 hektar
Area parkir
Warung makanan
Petugas jaga malam bila ada pengunjung yang berkemah.
Gazebo dengan tempat duduk sebagai tempat beristirahat

Alamat: dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, kabupaten Malang.
Tiket Masuk: gratis
Biaya Parkir: Ada

2. Latar Ombo Gunung Panderman

Latar Ombo memang tak asing di telinga para pendaki gunung, terutama yang pernah menjelajah di Gunung Panderman, Kota Batu. Latar Ombo merupakan salah satu pos yang menjadi tempat berkemah para pendaki yang menuju Gunung Panderman.

Berada di ketinggan 1600 mdpl, Latar Ombo menyuguhkan keindahan Kota Batu, Gunung arjuna-Welirang dan Puncak Gunung Panderman. Saat pagi menjelang, sekawanan monyet lucu sesekali akan mendekat, pertanda menginginkan kudapan yang dibawa pengunjung.

3. Coban Rais

Bumi Perkemahan Coban Rais memang cukup populer di kalangan para pecinta alam. Berada di ketinggian 1.150 Mdpl, Coban Rais masih rapat dengan berbagai jenis tanaman, seperti pinus, ekaliptus, trengguli, kamper, mahoni, dan lainnya.

Area perkemahan Coba Rais terdiri dari beberapa petak, yang bisa digunakan untuk mendirikan kemah berbagai ukuran. Terlihat sederhana, Coban Rais dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai seperti toilet, lahan parkir, dan warung makanan.

Tips kecil, sebelum kamu berangkat ke lokasi ini, sebaiknya kamu menghubungi pengelola Coban Rais terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan ketersediaan lokasi kosong untuk berkemah.

Alamat: desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu
Tiket Masuk: Rp 5.500
Parkir: Rp 2.000 - Rp 3.000
Biaya lokasi dan kebersihan: Rp 50.0000

4. Pantai Balekambang

Pilihan tepat untuk mendirikan kemah di sekitar area pantai Balekambang terutama bagi para pecinta pesona pantai. Keindahan alam Pantai Balekambang semakin elok dengan kehadiran tiga pulau di tengah laut, beserta Pure Amerta Jati yang terletak menjorok ke arah laut.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini pun terbilang lengkap seperti, sederetan warung makan, kamar mandi, toilet, toko cindera mata, dan musala. Selain itu, lokasi pantai ini cukup teduh lantaran sederetan pohon yang tumbuh kokoh di pinggir pantai.

Alamat: Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Tiket Masuk: Rp 15.000

5. Pantai Goa China

Molek dengan pasir putih dan tiga pulau yang berjejer di tengah laut, Pantai Goa China bakal jadi lokasi yang pas untuk berkemah. Pantai yang semula dikenal dengan nama Pantai Rowo Indah ini dikelilingi oleh deretan pohon rindang yang tumbuh rapat.

Pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan ini telah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan musala. Karena tak ada warung makanan yang tersedia di sekitar lokasi, kamu tak boleh lupa membawa bekal makanan yang cukup selama berkemah di lokasi ini. Layaknya Pantai Selatan pada umumnya, ombak pantai ini cukup deras. Ini berarti, para pengunjung tak diperbolehkan untuk mandi ataupun berenang di Pantai Goa China.

(MH/MH)
  1. Wisata Alam
  2. Info Wisata
KOMENTAR ANDA