1. HOME
  2. KABARE JATIM

Tiga kampus unggulan Jatim masih digdaya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Unibraw juara umum, ITS juara dua sementara Unair juara empat.

Pekan Ilmiah Mahasiswa di Makassar. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 29 Agustus 2017 11:27

Merdeka.com, Jatim - Pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXX di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, 23-28 Agustus 2017 lalu, Jawa Timur memiliki kebanggaan tersendiri. Sebab, tiga kampus unggulan dari Jatim menyabet juara.

Dimulai dari Universitas Brawijaya (UB) Malang yang keluar sebagai Juara Umum atau gelar Adhikarta Kertawidya. Dengan ini, UB telah menang tiga kali berturut-turut sejak 2015. Dan total enam kali juara umum sejak kejuaraan ini dimulai.

Dalam PIMNAS 30, UB mengoleksi 19 medali, yaitu 3 emas, 3 perak, 3 perunggu untuk kategori poster yang mendapat penilaian 20 persen, dan 5 emas, 1 perak, 4 perunggu untuk kategori presentasi yang mendapatkan penilaian 80 persen.

Kemudian di peringkat ketiga, Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. Pada Timnas tahun ini, ITS berhasil membawa pulang 3 emas, dua perak dan dua perunggu untuk kategori presentasi. Sedangkan kategori poster, berhasil menyumbang 1 perak dan dua perunggu.

"Alhamdulillah bisa meraih juara tiga. Khususnya, pada meda medali perunggu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian Sosial Humaniora. Ini kali pertama ITS mendapat medali perunggu pada bidang tersebut," kata penanggungjawab kontingen ITS, Welly Herumurti.

Dilanjutkan Universitas Airlangga (UNAIR) harus ikhlas berada di posisi keempat. Untuk kategori presentasi mengantongi perolehan 2 emas dan 3 perak. Sementara kategori poster, UNAIR berhasil memperoleh dua perak dan satu perunggu.

"Memang dalam suatu lomba pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Tetapi PIMNAS, tidak ada yang kalah, semua akan menjadi pemenang, terutama bagi kita semua yang harus mengambil hikmah dari inovasi-inovasi mahasiswa ini untuk kemajuan bangsa," tutur Direktur Kemahasiswaan DIKTI Didin Wahidin.

Selain UB, ITS dan UNAIR, Universitas Negeri Surabaya juga menyusul sebagai peringkat kesembilan juara umum PIMNAS tahun ini.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pendidikan
  2. Kabar Kampus
KOMENTAR ANDA