1. HOME
  2. KABARE JATIM

Survei Polltrend, mayoritas kiai dukung Gus Ipul maju Pilgub 2018

Adapun untuk posisi calon wakil gubernur (cawagub), elektabilitas tertinggi jatuh kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (27,9 persen).

Survei Poltrand di Pilgub Jatim. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Rabu, 30 Agustus 2017 16:58

Merdeka.com, Jatim - Lembaga Survei Polltrend merilis hasil survei yang dilakukannya terhadap 61 kiai di Jawa Timur, Rabu (30/8). Hasilnya, untuk bakal calon gubernur (bacagub) dengan potensi terpilih terbesar adalah Wakil Gubernur Jatim saat ini Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif PollTrend, Khoirul Yahya menjelaskan kiai masih memiliki pengaruh terhadap pilihan masyarakat nantinya. Lebih lanjut, disebutkan responden 61 kyai ini diklasifikasi menjadi empat golongan tipologi. "Yakni, kiai politik, kiai panggung dan kiai pesantren," katanya.

Sementara dilihati dari asalnya, para kiai tersebut berasal dari empat wilayah. Di antaranya, Madura, Arek (Malang, Batu, Surabaya, Sidoarjo), Matraman (Bojonegoro, Madiun, Jombang, Lamongan, Kediri, Blitar) dan wilayah Pendalungan (Pasuruan, Situbondo).

Hasilnya, dilihat dari popularitas, Gus Ipul terpilih menjadi kandidat paling populer dengan 100 persen. Disusul Menteri Sosial sekaligus Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa (93,4 persen) dan Menteri Olahraga dan Pemuda Imam Nahrawi (88,5 persen). "Ke empat ditempati oleh Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya) dengan 85,2 persen," kata Khoirul.

Diukur dari elektabilitasnya, bila Pilgub digelar hari ini, kiai akan memilih dan menyarankan untuk memilih paling atas Gus Ipul dengan 72,1 persen. Lalu, kedua Khofifah Indar Parwansa sekitar 16,4 persen. Dan ketiga, Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) sekitar 3,3 persen. "Mayoritas kiai mendukung Gus Ipul," tuturnya.

Adapun untuk posisi calon wakil gubernur (cawagub), elektabilitas tertinggi jatuh kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (27,9 persen). Kemudian Walikota Surabaya (21,3 persen) dan Khofifah Indar Parawansa (21,3 persen). Survei yang dilakukan 17 Juni-17 Juli 2017 ini memiliki margin of error sebesar 3-5 persen.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA