1. HOME
  2. KABARE JATIM

Soal Perppu Ormas, Gus Ipul harap semua pihak legowo

Jika ada keberatan harus dilakukan dengan cara menempuh jalur hukum.

©2017 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Minggu, 16 Juli 2017 10:42

Merdeka.com, Jatim - Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Pemprov Jawa Timur akan mengajak semua elemen massa untuk duduk satu meja dalam menyikapi terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017. Gus Ipul berharap, dengan adanya dialog masalah Perppu tentang organisasi kemasyarakatan (ormas) bisa disikapi dengan kepala dingin.

Jika Perppu diberlakukan bisa dilaksanakan tanpa harus ada konflik. Apalagi sampai mengarah pada aksi yang justru melanggar hukum.

"Jika ada ormas yang tidak setuju, harapan kita semua, yang keberatan bisa menempuh jalur yang dimungkinkan oleh undang-undang, yakni melalui jalur hukum," kata Gus Ipul, Sabtu (15/7).

Keputusan pemerintah pusat terkait aturan ormas ini, lanjut dia, harus disikapi dengan tenang. "Jangan menyikapi dengan cara-cara yang justru membuat kita semua tidak tenang,” imbaunya.

“Saya berharap semua pihak legowo. Tapi kalau tidak bisa, ya silakan menempuh jalur hukum yang ada. Apalagi, Perppu ini, hingga saat ini juga masih berproses di Jakarta,” tandasnya.

Seperti diketahui, pemerintah resmi menerbitkan Perppu Nomor 2/ 2017 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 17/2013, tentang ormas. Sayangnya, hingga saat ini, penerbitan Perppu ini menuai polemik dan kritik dari pelbagai kalangan.

(MH/MA)
  1. Ngopi Bareng Gus Ipul
  2. Perppu Ormas
KOMENTAR ANDA