1. HOME
  2. KABARE JATIM

Santri Ponpes Langitan kompak dukung Gus Ipul-Anas

"Tanpa saya harus ngomong, saya kira semua sudah tahu siapa calon gubernur yang peduli TPQ," kata Gus Maksum.

©2018 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Selasa, 19 Desember 2017 20:01

Merdeka.com, Jatim - Santri Pondok Pesantren (Pones) Langitan, Tuban satu suara siap memenangkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas pada Pilgub Jawa Timur 2018. Alasannya, karena Gus Ipul dianggap tokoh yang memiliki kepedulian terhadap TPQ (Taman Pendidikan Alquran).  

Penegasan ini disampaikan Dewan Pembina TPQ Annahdiyah, Kiai Maksum Faqih atau Gus Maksum di acara Peringatan Maulidurrosul SAW dan Istighosah Kubro ke VIII yang digelar di Masjid Agung Surabaya, Selasa (19/12). "Tanpa saya harus ngomong, saya kira semua sudah tahu siapa calon gubernur yang peduli (TPQ) dan paling layak memimpin Jawa Timur," kata Gus Maksum di hadapan ribuan pelajar TPQ dari berbagai daerah.

Atas kepedulian Gus Ipul terhadap TPQ inilah, Gus Maksum menilainya layak menjadi gubernur, menggantikan Soekarwo yang telah menjabat dua periode.  Di Pilgub Jawa Timur 2018, Gus Ipul diusung PDIP (19 kursi) dan PKB (20 kursi) dipasangkan dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Untuk memenangkan pasangan Gus Ipul-Anas ini, Gus Maksum yang juga masyayikh atau pengasuh Ponpes Langitan, bahkan mengklaim kalau seluruh santri dan alumni Ponpes Langitan satu suara memenangkan Gus Ipul-Anas di Pilgub Jawa Timur.

Relawan Nusantara siap menangkan Gus Ipul-Anas

Di tempat lain, untuk memenangkan Gus Ipul-Anas, para kiai sepuh dan aktivis Nahdlatul Ulama (NU) mendirikan Posko Relawan Nusantara di Perum Ketintang Permai BD/15, Surabaya, Selasa (19/12). Menurut Ketua Posko Relawan Nusantara, Ahsanul Haq, posko yang diresmikan ini akan dijadikan sebagai pusat informasi dan gerakan dari para kiai dan aktivis NU untuk mengawal fatwa kiai sepuh. Fatwa itu adalah mendukung Gus Ipul-Anas.

Peresmian posko juga dihadiri pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Kiai Anwar Manshur, Kiai Syafruddin, Kiai Ahmad Fahrur Rozi (pengasuh Ponpes An-Nur Bululawang, Malang), serta sejumlah kiai dan aktivis NU. "Tugas utama Posko Relawan Nusantara ini untuk mengawal fatwa para kiai sepuh," kata Ahsanul Haq usai meresmikan posko.

Para kiai sepuh, lanjutnya, telah bermusyawarah dan memutuskan untuk menugaskan kader terbaik NU, yaitu Gus Ipul menjadi gubernur Jawa Timur. "Dan fatwa beliau-beliau (para kiai) ini harus kami kawal," tegas Ahsanul Haq.

Ahsanul Haq kembali menegaskan, bahwa fatwa para kiai sepuh NU ini harus diperjuangkan. Sehingga seluruh warga NU bisa solid mendukung dan memenangkan Gus Ipul-Anas. "Kesolidan warga NU harus dijaga. Apalagi ini sudah ada fatwa para kiai sepuh. Kami tidak ingin warga NU terpecah belah. Warga NU itu tawadhu sama kiai dan inilah yang akan kami perjuangkan," katanya.

(NS/MA)
  1. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA