1. HOME
  2. KABARE JATIM

Persiapan Pileg 2019, KPU akan gelar rakor verifikasi parpol

"Untuk itu, di dalam rakor, utamanya akan memperkenalkan sistem berbasis informasi teknologi (IT)," kata Slamet.

Surat Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 29 Mei 2017 13:14

Merdeka.com, Jatim - Menyiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) akan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama KPU Kabupaten/Kota Se-Jatim, Selasa (30/5) dan Rabu (31/5). Bertempat di Hotel Luminor Surabaya, rakor diagendakan akan membahas persiapan pengaturan dan kebijakan KPU mengenai verifikasi partai politik peserta Pemilu Tahun 2019.

Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Slamet Setijoadji menuturkan rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten/Kota ini sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis yang dilakukan KPU RI terkait sosialisasi SIPOL (7/3).

"Untuk itu, di dalam rakor, utamanya akan memperkenalkan sistem berbasis informasi teknologi (IT) dengan nama Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang dibangun oleh KPU, kepada KPU Kabupaten/ Kota," kata Slamet, Senin (29/05).

Menurut Slamet, SIPOL adalah salah satu jenis aplikasi yang KPU bangun dan siapkan untuk mempermudah proses verifikasi partai politik. "Dengan aplikasi SIPOL seluruh tahapan verifikasi menjadi terbuka. Sehingga, hal ini juga akan membuat pekerjaan KPU lebih efektif dan bisa lebih dipertanggungjawabkan," kata Kabag Hukum; Teknis dan Hupmas KPU Jatim ini.

Selanjutnya, Kepala Subbagian (Kasubbag) Hukum KPU Jatim, Wiratmoko Iman Santoso menyampaikan, dengan tersosialisasinya SIPOL ke KPU Kabupaten/Kota diharapkan akan memberikan pemahaman kepada KPU Kabupaten/ Kota.

"Dengan demikian, nanti ketika ada parpol yang mengalami kesulitan atau memiliki masalah ketika mengisi SIPOL atau melakukan verifikasi, dan meminta bantuan ke KPU setempat, KPU Kabupaten/ Kota dapat membantu," ujar Wiratmoko.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabare Jatim
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata