1. HOME
  2. KABARE JATIM

Peringati Hari Pahlawan, Gus Ipul bacakan puisi 'Pahlawan Jaman Now'

Gus Ipul ingin para pemuda anak muda tidak mudah mengeluh, peduli lingkungan, mencari solusi, dan bisa membuat sesuatu.

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 11 November 2017 15:34

Merdeka.com, Jatim - Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Jumat (10/11), Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuat puisi bertemakan kepahlawanan. Pusi berjudul “Pahlawan Zaman Now”.

Puisi ini langsung dibacakan saat berkumpul bersama sejumlah anak muda inspiratif dalam acara "Cangkrukan Cari Terobosan" di Surabaya, Jumat (10/11). Berikut isi puisinya:

Pahlawan Zaman Now

Pahlawan zaman now

Tak harus punya bedil

Yang penting punya skill

Nggak cuma modal sikil

Nggak cuma berani tampil

Tapi kudu terampil.


Pahlawan jaman now

Walau namanya tidak dijadikan nama jalan

Tapi dia selalu membuka jalan

Dengan ilmunya, karyanya, juga dengan hatinya


Sedulur sing loro, diparingi tetombo

Sedulur sing luwe, dijak mangan

Sedulur galau, dijak medang.

Sedulur Sing frustasi diparingi solusi

Sedulur sing nganggur dijak makaryo


Kabeh-kabeh nggo sedulur

Ben kabeh-kabeh iso makmur

Sak Jawa Timur

Acara ini merupakan bentuk peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember. “Cangkrukan merupakan suatu tradisi yang luas, lewat kegiatan ini kita bisa saling mengakrabkan diri sekaligus mencari solusi jika ada masalah,” ungkap Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul ini pada kegiatan cangkrukan yang digelar di Aiola Eatery, Jl. Slamet No. 16, Ketabang, Surabaya.

Gus Ipul menyampaikan, kegiatan seperti ini penting dilakukan karena sebagai pejabat pemerintah tidak lagi hanya bisa duduk di ruangan. Karenanya, terobosan-terobosan baru sangat diperlukan khususnya di bidang pemerintahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kami sangat membutuhkan masukan untuk mengawal pemerintahan ini menjadi lebih baik, tentunya juga agar bisa meningkatkan kemakmuran masyarakat Jatim," kata Gus Ipul.

Anak-anak muda yang kumpul di acara cangkrukan ini merupakan anak yang bisa melampaui masa depannya. Terobosan yang dibuat membuktikan bahwa mereka memiliki ketrampilan, semangat, kerja keras, serta kepedulian terhadap sesama. "Ini adalah anak-anak muda yang sudah bisa memulai langkahnya untuk memulai usaha baik di bidang usaha, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Di samping itu juga mampu memberik dampak baik ekonomi maupun sosial pada masyarakat sekitarnya," katanya.

Menurutnya, anak-anak muda yang berjiwa pahlawan yaitu anak muda yang tidak mudah mengeluh, peduli lingkungan, mencari solusi, dan bisa membuat sesuatu. Selain itu, anak muda zaman sekarang juga harus mampu memanfaatkan teknologi, sehingga bisa menciptakan lowongan kerja baru. "Era digital ini adalah masa depan, apalagi saat ini segalanya bisa mudah lewat aplikasi yang sudah tersedia," katanya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pendidikan
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
KOMENTAR ANDA