1. HOME
  2. KABARE JATIM

Minat ikut program DD ITS-Queensland University? Ini biaya semester pertamanya

Biaya yang dikeluarkan sekitar AUD 5.000 - 10.000 atau setara Rp 52 - 104 juta pada semester pertama.

Perwakilan dari University of Queensland UQ Laura Hasset di ITS. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 02 November 2017 13:08

Merdeka.com, Jatim - Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) kembali membuka program Double Degree (DD). Dengan menjalin kerjasama dengan University of Queensland Business School (UQBS), ITS membuka program DD untuk Departemen Manajemen Bisnis khusus mahasiswa S1-nya.

Langkah ini diambil sebagai salah satu upaya mendukung terwujudnya visi ITS menuju World Class University (WCU). Pembukaan program ini telah disepakati bersama usai ditandatanganinya nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) pada Juli lalu oleh Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS Imam Baihaqi dengan perwakilan dari University of Queensland (UQ), Laura Hasset.

Program DD ini baru akan mulai direalisasikan pada awal tahun depan. "Mekanismenya nanti mahasiswa ITS akan belajar selama tiga semester di University of Queensland, Australia, setelah itu akan kembali ke ITS untuk menyelesaikan tugas akhir dan wisuda di ITS," kata Laura, ditemui saat melakukan sosialisasi program kepada mahasiswa Manajemen Bisnis ITS, Rabu (1/11) sore.

Nantinya, lanjut Laura, lulusan dari program DD ini akan mendapatkan gelar ganda. Yakni gelar sarjana Manajemen Bisnis dari ITS dan gelar Bachelor of Business Management dari University of Queensland. "Jadi wisudawan program double degree ini langsung menyandang dua gelar begitu lulus," ujarnya.

Sementara itu, Imam Baihaqi menjelaskan, persyaratan untuk mengikuti program DD ini adalah mahasiswa tersebut harus sudah menempuh tiga semester dan biaya yang dikeluarkan sekitar AUD 5.000 - 10.000 atau setara Rp 52 - 104 juta pada semester pertama.

Selain itu, mahasiswa juga harus memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3, lulus tes TOEFL dan matematika sesuai standard ITS. "Saat ini kami sedang mempersiapkan mahasiswa angkatan 2017 untuk bisa mengikuti program ini pada 2018 mendatang, ketika mereka memasuki semester empat perkuliahan," tutur Imam.

Menurut Imam, dengan dibukanya program DD ini juga menandakan bahwa Departemen Manajemen Bisnis ITS telah diakui secara internasional dan kelas yang diselenggarakan setara dengan yang ada di University of Queensland.

"Program ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih luas, mendapatkan pengalaman baru, serta belajar di kampus kelas dunia dan berinteraksi dengan mahasiswa internasional lainnya," kata alumni Teknik Industri ITS tersebut.

Selain itu, imbuhnya, diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini bisa memberikan masukan positif terkait sistem pembelajaran yang dapat diadopsi dari University of Queensland. "Dengan masukan tersebut, Departemen Manajemen Bisnis ITS bisa terus memperbaiki diri sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas nantinya," kata imam menjelaskan.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabar Kampus
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata