1. HOME
  2. KABARE JATIM

Mau liburan keluarga murah? Yuk ke Taman Flora Surabaya

"Taman ini seringkali dijadikan lokasi piknik keluarga. Terlebih, wahana di sini memang ditujukan untuk anak-anak," kata Munadi.

Anak-anak saat memberi makan rusa di Taman Flora Surabaya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Nur Salam | Selasa, 26 Desember 2017 07:54

Merdeka.com, Jatim - Surabaya seringkali diidentikkan dengan 'taman'. Sejak kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini, hampir di seluruh penjuru Surabaya dapat dijumpai taman. Tak jarang warga Surabaya maupun luar kota berkunjung, termasuk saat libur panjang akhir tahun ini.

Salah satu yang direkomendasikan bagi Anda yang hendak berlibur bersama keluarga yaitu Taman Flora, Bratang, Surabaya.

Untuk memasuki taman ini, Anda tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Tapi jangan salah kira, wahana dan sarana rekreasi yang tersedia beragam dan tentunya menyenangkan.

"Taman ini seringkali dijadikan lokasi piknik keluarga. Terlebih, wahana di sini memang ditujukan untuk anak-anak," ungkap koordinator taman, Munadi, ketika dijumpai di kawasan taman, Senin (25/12).

Salah satu tempat favorit pengunjung di taman yang juga disebut "Kebun Bibit" ini ialah kandang rusa. Di sekitar kandang itu, tak jarang dijumpai anak-anak asyik memberi makan rusa-rusa dengan kacang panjang, sambil ditemani para orang tuanya.

"Rusa-rusa itu pada awalnya didatangkan dari Istana Bogor, tepatnya saat walikotanya masih Bambang DH," kata pria yang telah bekerja di taman ini sejak 1998 ini.

Hingga saat ini, terdapat dua jenis rusa, rusa tutul dan rusa bawean. "Jumlahnya kalau rusa tutul sekitar 30-an. Sisanya rusa bawean, yang sekitar 50-an," tambahnya.

Selain itu terdapat pula satwa lainnya seperti jalak, ayam mutiara dan merak. Selain dapat melihat satwa, bersama para orang tuanya, anak-anak juga dapat bermain di area outbond anak. Tersedia jaring-jaring, papan climbing, flying fox dan lain sebagainya.

Munadi menambahkan, di Taman Flora itu juga telah dilengkapi dengan taman berbaca, area internet, balai pertunjukan dan tempat fitness.

Ia menjelaskan, tiap harinya di taman yang dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya tidak pernah sepi. Di hari normal masuk kerja, setidaknya sekitar 1.000 pengunjung yang datang seharinya. "Khusus untuk hari Minggu dan liburan seperti sekarang ini bisa mencapai 4 ribu pengunjung," katanya.

Salah seorang pengunjung, Aziz, warga Gubeng Surabaya, menceritakan, dia datang bersama istri dan kedua anaknya. Saat ditanya alasan datang ke taman ini, karena selain murah, wahan rekreasi anaknya relatif banyak. "Banyak mainannya di sini," ujarnya.

(NS/NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Info Wisata
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata