1. HOME
  2. KABARE JATIM

Masjid Al-Akbar sembelih 23 sapi dan 60 kambing

Turut hadir salat jemaah juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf

Jamaah salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Sabtu, 02 September 2017 10:13

Merdeka.com, Jatim - Ribuan orang berjamaah Salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur. Jemaah meluber hingga sisi luar masjid berkapasitas lebih dari 60 ribu ini.

Pantauan merdeka.com, hingga salat jamaah dimulai, masyarakat terus berdatangan. Salat dimulai sekitar 06.00 WIB dan sebagai imam dan khatib Ustadz Husein Rifai, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Jabal Nur daerah Taman, Geluran, Sidoarjo.

Dalam khutbahnya, Ustadz Husein menceritakan bagaimana ketika Nabi Ibrahim dan keluarganya digoda oleh setan. Saat itu, baik Ibrahim, istrinya (Siti Hajar), dan anaknya (Nabi Ismail kecil), mengambil kerikil dan mengusir setan-setan itu.

"Namun setan-seran itu pantang menyerah," kata Husein. Dalam surat Al-Araf, lanjut dia, setan menggoda dari depan, belakang, kanan dan kiri.

Maksudnya, depan-belakang? Husein menjelaskan, dari arah depan artinya, setan menggoda manusia untuk lupa akan masa depannya. "Masa depannya di sini, yakni akhiratnya. Manusia dibuat tergila-gila dengan dunianya," tuturnya.

Sementara dari belakangnya, setan berusaha melupakan masa lampaunya. Di sini, maksudnya sejarahnya. Seperti di dalam Alquran, terdapat surat Al-Qosos. Dari sana diharapkan manusia bisa belajar dari cerita-cerita para Rasul, Nabi dan para pendahulunya.

"Agar imanmu semakin teguh seperti difirmankan Allah dalam Alquran," kata Husein.

Turut hadir salat jemaah juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda).

Setalah shalat dan khutbah selesai, akan dilanjutkan prosesi penyerahan ternak kurban yang dilakukan oleh Gubernur Soekarwo. Termasuk sapi dari Presiden RI Joko Widodo yang menyumbang sapi ongole dengan berat 1,1 ton.

Total kurban di Masjid Al-Akbar Surabaya sebanyak 23 sapi dan 60 kambing.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Idul Adha
KOMENTAR ANDA