1. HOME
  2. KABARE JATIM

Kutip Bung Karno, Gus Ipul sebut inti Pancasila adalah gotong royong

"Itulah pesan yang disampaikan oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno yang harus kita pahami tentang Pancasila," kata Gus Ipul.

Gus Ipul bersama Pangdam V Brawijaya dan Ketua serta penggurus FKPPI Jatim . ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 16 Juni 2017 11:25

Merdeka.com, Jatim - Pancasila apabila diperas menjadi Eka Sila, yang intinya adalah gotong royong. Gotong royong terdiri dalam tiga bidang, yakni bidang sosial, politik, dan ekonomi. Ketiga bidang tersebut memiliki azas masing-masing yang muaranya adalah tercapainya keadilan dan kesejahteraan rakyat.

"Itulah pesan yang disampaikan oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno yang harus kita pahami tentang Pancasila," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat buka puasa bersama Pengurus Daerah XIII Generasi Muda FKPPI Jatim dan pemberian bingkisan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di Markas GM FKPPI Jatim Kodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (15/6).

Ia mengatakan, di bidang sosial azasnya kekeluargaan. "Implementasi bidang ini contohnya saat takziah orang meninggal, kita membawa apa yang kita punya untuk disumbangkan ke keluarga orang tersebut. Kemudian saat ada orang menikah, kita juga membawa kado atau buwuh seolah yang punya gawe adalah keluarga sendiri. Ini tidak kita temukan di negara lain," ujarnya.

Di bidang politik, azaznya adalah musyawarah. Dimana segala permasalahan sesulit apapun bisa terselesaikan dengan cara musyawarah mufakat, bukan dengan jalan voting. Hal ini tergambar dalam sila keempat Pancasila, yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Di bidang ekonomi, azaznya adalah kerjasama yang menjadi pokok dari ekonomi kerakyatan. "Jika ini bisa dikembangkan dengan baik, maka keadilan akan terwujud karena terjadi pemerataan, dimana semua hasil pembangunan dapat dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat, apalagi saat ini sudah era globalisasi," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Daerah (PD) XIII GM FKPPI Jawa Timur, R Agoes Soerjanto mengatakan, dirinya beserta seluruh jajarannya siap mengawal tegaknya Pancasila dan NKRI. "Jika ada siapapun yang mencoba meragukan dan melemahkan Pancasila dan kebhinekaan kita, maka tanpa diminta GM FKPPI akan jadi yang pertama untuk menegakkannya," ujarnya.

Acara buka bersama pada kesempatan itu dihadiri pula oleh Pangdam V Brawijaya Kustanto Widiatmoko.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabare Jatim
KOMENTAR ANDA