1. HOME
  2. KABARE JATIM

Ketua DPW PKB Jatim luruskan tafsir istilah 'musyawarah mufakat'

"Musyawarah itu selama ini salah diartikan, bukan maksudnya kita punya calon tunggal," kata Halim.

Ketua DPW PKB Jatim bersama Gus Ipul dan Ketua DPW PAN. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 15 Juni 2017 10:32

Merdeka.com, Jatim - PKB membantah adanya rekayasa calon tunggal dalam skenario Pilgub Jatim 2018. Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menegaskan, isu calon tunggal itu merupakan salah penafsiran yang berkembang di khalayak.

"Musyawarah itu selama ini salah diartikan, bukan maksudnya kita punya calon tunggal," kata Halim, saat Silaturahmi Politik DPW PKB Jatim mengunjungi kantor DPW PAN Jatim, Jalan Darmokali, Surabaya, Rabu (14/6).

Menurut dia, dalam safari politik ini, seluruh partai politik (parpol) dikunjungi. Selebihnya, diserahkan kepada mekanisme masing-masing partai.

Adapun Ketua DPW PAN Jatim Masfuk menyebutkan, persoalan apapun bisa diselesaikan bersama. Termasuk dalam Pilkada pada 2018 nanti. Dalam pesta rakyat itu, terdapat satu pilkada provinsi dan 18 pilkada kabupaten/kota.

"Selama kita satu visi, Pilkada nanti kita akan memetakan bersama. Dan bisa diselesaikan 'pertandingan persahabatan' pemilihan kepala daerah itu," kata Masfuk menjelaskan.

Menanggapi pernyataan 'pertandingan persahabatan' itu, Gus Halim menambahkan. Ia setuju sekali dengan istilah itu. Menurutnya, ini dapat diaplikasikan di seluruh kegiatan di Jawa Timur, baik Pileg, Pilbup dan Pilgub. "Kita kasih warna yang namanya pertandingan persahabatan," ucapnya.

"Ini yang saya maksud dengan musyawarah," tambahnya. Sehingga dalam pergulatan pilkada nanti memang harus serius menghadapinya, dan tentu ada goal (hasil)-nya. Namun setelah selesai itu, semua berangkulan karena memang berangkatnya untuk kepentingan rakyatnya masing-masing.

Adapun bacagub yang diusung PKB, Gus Ipul menambahkan, ajang silaturahmi ini merupakan trandisi baru. Sehingga meski harus berkompetisi, visi dan hati tiap mesin parpol sudah sama. "Intinya bagaimana kita bisa merumuskan sesuatu yang segera menyejahterakan masyarakat," katanya memungkasi.

Ke depannya, Gus Ipul bersama PKB akan kembali melanjutkan safari parpolnya ke Partai Hanura pada 16 Juni mendatang.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pilgub Jatim
  2. Pilkada Serentak
KOMENTAR ANDA