1. HOME
  2. KABARE JATIM

Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

Pengambilan nomor urut Gus Ipul-Puti. ©2018 Merdeka.com Reporter : Nur Salam | Selasa, 20 Februari 2018 13:40

Merdeka.com, Jatim - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Gus Ipul-Puti) membuat program seribu desa wisata (Seribu Dewi). Salah satu program unggulan pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan PKB ini digadang-gadang bakal menyelesaikan persoalan pengangguran dan kemiskinan di Jatim.

"Desa wisata ini yang saya masukan dalam Program Seribu Dewi. Program ini akan menjadi andalan. Saya yakin program tersebut akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Jatim," kata Gus Ipul, Senin (19/2).

Apa yang direncanakan Gus Ipul sangat realistis. Wakil Gubernur Jatim ini menyatakan, asumsi yang terbangun untuk menjadikan desa wisata sebagai program andalan, karena potensi Jatim sangat banyak. Untuk itu, perlu dilakukan inovasi supaya potensi tersebut tergarap dengan baik.

Saat ini, ada 700 desa wisata yang sudah berkembang. Jumlah tersebut bisa dinaikan hingga seribu desa, dengan penambahan jumlah maka pengangguran yang ada di Jatim bisa terkurangi. Secara tidak langsung, kemiskinan juga terkurangi karena banyak warga desa yang diberdayakan.

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi. Desa tersebut akan menjadikan pengangguran bekerja, secara tidak langsung, kemiskinan menjadi lebih sedikit," ujarnya.

Desa wisata merupakan salah satu program yang dilaunching. Ada tiga program yang baru diluncurkan, 'PKH (Program Keluarga Harapan) Super', 'Mas Metal (Masyarakat Melek Digital)', dan 'Seribu Dewi (Seribu Desa Wisata)'. PKH Super diciptakan untuk melengkapi Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikembangkan Presiden Jokowi.

Kata super dibubuhkan demi memberi tambahan-tambahan layanan. Yakni, pemberian modal usaha untuk perempuan miskin melalui Jalin matra Plus, pemenuhan gizi untuk masyarakat miskin, dan Kartu Jatim Sehat bagi keluarga yang belum terlindungi jaminan kesehatan nasional.

Program Mas Metal merupakan komitmen Gus Ipul-Mbak Puti untuk melahirkan inovasi-inovasi digital di berbagai bidang. Antara lain pertanian, kelautan, pendidikan, dakwah, kesehatan, perdagangan, dan industri.

Caranya dengan memperluas jaringan internet di Jawa Timur, memperluas literasi digital di masyarakat, hingga meningkatkan partisipasi publik untuk pengawasan tata kelola pemerintahan bersih dan transparan berbasis digital.

Seribu Dewi diluncurkan untuk memperkuat pariwisata dan mencorong terciptanya ratusan ribu lapangan pekerjaan baru. Pasangan Gus Ipul-Mbak Puti berkomitmen untuk menciptakan 1.000 desa wisata baru berbasis budaya, alam, reliji, agro, dan maritim. Juga memfasilitasi kelompok sadar wisata (pokdarwis) dengan pelatihan manajerial, digital marketing, dan akses modal usaha.

Saat ini sudah delapan program yang diluncurkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. Sebelumnya, lima program dengan nama-nama kreatif dan menarik sudah mereka ungkapkan. Yakni, Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera), Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), dan Madin Plus Berkelanjutan.

(NS/NS)
  1. Pilgub Jatim
  2. Media Interaktif
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata