1. HOME
  2. KABARE JATIM

Kepuasan warga Jatim terhadap kinerja Pakde dan Gus Ipul tinggi

Kepuasan terhadap kinerja Gubernur Soekarwo (Pakde Karwo) dan wakilnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sama-sama 72 persen.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 12 Juni 2017 11:17

Merdeka.com, Jatim - Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, rupanya kepuasan masyarakat Jatim terhadap kinerja Gubernur Soekarwo (Pakde Karwo) dan wakilnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sama-sama sama-sama tinggi, yakni masing-masing 72 persen.

Adapun yang membedakan di ketidakpuasannya, Pakde Karwo memperoleh 18 persen, tak berbeda jauh dengan Gus Ipul sekitar 15 persen. Hal ini diketahui dari sampel masyarakat Jatim yang tidak suka kinerja keduanya.

Di aspek lainnya, kinerja pelaksanaan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur juga cenderung dinilai baik. "Warga yang menilai buruk hanya 7 persen," ujar Peneliti Indikator Indonesia Hendro Prasetyo, kemarin.

Selain itu, dalam temuan survei yang dilakukan pada 3-7 Mei 2017 ini juga menilai kondisi ekonomi sekarang dibanding tahun lalu. "Hasilnya, masyarakat Jatim lebih banyak yang menilai membaik dibanding yang memburuk," ujarnya.

Aspek lainnya, biaya pendidikan dan berobat apakah terjangkau. Masyarakat Jatim umumnya menilai terjangkau, pendidikan (62 persen) dan berobat (62 persen). Adapun yang menyebutkan kurang-tidak terjangkau, pendidikan (28 persen) dan berobat (30 persen).

Selanjutnya, infrastruktur dan pelayanan dasar. Indikatornya meliputi kondisi keamanan dan ketertiban (87 persen), kondisi gedung sekolah (87 persen), puskesmas (87 persen), kualitas pelayanan pendidikan (87 persen), kualitas pelayanan kesehatan (86 persen), ketersedian air bersih (86 persen), ketersedian barang pokok (86 persen), pengadaan jaringan listrik warga (85 persen), pelayanan aparat pemerintah (84 persen), dan kebersihan lingkungan (83 persen).

Adapun kondisi jalan di sekitar tempat tinggal (60 persen) dan jalan rata (64 persen) yang dinilai lebih rendah. Terakhir, aspek bersihkah Pemprov Jatim saat ini. Masyarakat menilai cukup-sangat bersih sekitar 48 persen. Sementara yang menilai kurang-tidak bersih 27 persen.

"Evaluasi yang semakin positif akan menjadi modal utama bagi pihak petahana dalam meraih dukungan dalam kontestasi politik mendatang," tutur Hendro.

Di samping itu, survei ini melibatkan sampel masyarakat Jatim 819 orang. Dengan menggunakan metode multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari sampel oleh supervisor dengan mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pemprov Jatim
  2. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA