1. HOME
  2. KABARE JATIM

Kantongi 14 penghargaan, Ichiro ITS juara umum FIRA Hurocup 2017 di Taiwan

"Kalau tahun lalu kita hanya bawa 10 penghargaan. Kali ini ada 14 penghargaan," kata Reza.

Tim ITS saat berada di FIRA RoborWorld Cup di Taiwan. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 29 Agustus 2017 15:12

Merdeka.com, Jatim - Tim ITS Championship in Robocup (Ichiro) berhasil menyabet Juara Umum dalam Federation of International Robotsoccer Association-Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2017 di Taiwan, 23-27 Agustus 2017 ini. Pada kejuaran tahun ini, Ichiro-ITS mendulang 14 penghargaan.

Sebelumnya, ITS mengirimkan tiga tim yang terdiri dari Tim Ichiro 1, 2 dan 3. Ketiganya sukses memuncaki posisi tertinggi dari setiap kategori yang ada.

Tim Ichiro 1 mendapatkan juara II United Soccer kategori Kidsize, juara II Weight Lifting Kidsize, dan juara II dalam halang rintang Kidsize. Dengan ketiga penghargaan tersebut membuat tim Ichiro 1 berda di peringkat ketiga Kidsize.

Sementara, tim Ichiro 2 meraih Juara umum Kidsize, kemudian Juara I mini DRC Kidsize, Juara I United Soccer Kidsize, Juara III halang rintang Kidsize, dan Juara I Sprint Kidsize.

Sedangkan, tim Ichiro 3 mampu mengantongi juara umum peringkat tiga Adult Size. Dengan robot anyar setinggi 88 sentimeter itu berhasil menjadi juara II mini DRC Adult Size, juara II Sprint Adult Size, Juara III Marathon Adult Size, serta Juara II halang rintang Adult Size.

Ketua Tim Ichiro ITS, Reza Ar Razi, mengungkapkan bahwa kali ini prestasi Ichiro di FIRA Hurocup meningkat cukup signifikan. "Kalau tahun lalu kita hanya bawa 10 penghargaan. Kali ini ada 14 penghargaan," katanya bangga.

Tak hanya itu, lanjut Reza, tahun ini tim Ichiro juga menambah kategori kompetisi yang diikuti, yaitu mini DRC, Penalty Kick, dan Spartan Race.

Dosen pembimbing tim Ichiro ITS, Muhtadin, juga menyatakan rasa syukurnya. Ia mengharapkan semangat ini bisa menular juga ke tim-tim robot yang lain sehingga nama Indonesia menjadi besar dalam bidang Robotika.

"Kami juga mengharapkan ada sinergi antara tim-tim robot yang dimediasi oleh kementerian (Kemenristekdikti, red), sehingga percepatan penguasaan teknologi robot dapat dicapai dan semakin banyak tim-tim robot yang hebat," ujarnya.

Dengan keberhasilan ini, Tim Ichiro ITS kembali mengulang sejarahnya sebagai juara umum FIRA Hurocup setelah tahun lalu mampu menggondol 10 penghargaan.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabar Kampus
KOMENTAR ANDA