1. HOME
  2. KABARE JATIM

Jelang pilkada, KPU Kerjasama dengan tiga rumah sakit tipe A

"Yakni RS dr. Soetomo Surabaya, RSAL dr. Ramelan Surabaya dan RS Saiful Anwar Malang," ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Kerjasama KPU Jatim dengan rumah sakit. ©2018 Merdeka.com Reporter : Nur Salam | Kamis, 04 Januari 2018 12:19

Merdeka.com, Jatim - Pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu tahapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), saat pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mendatang . Untuk itu, KPU sudah bekerjasama dengan tiga rumah sakit bertipe A di provinsi ini.

"Yakni RS dr. Soetomo Surabaya, RSAL dr. Ramelan Surabaya dan RS Saiful Anwar Malang," ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito usai penandatanan nota kesepahaman (MoU) kerjasama sama antara KPUD Jawa Timur dengan RSUD Dr Soetomo Surabaya , Rabu (3/1).

Tidak hanya menandatangani perjanjian kerjasama pemeriksaan kesehatan Pilgub Jatim. Pihak RSUD dr. Soetomo juga melakukan perjanjian yang sama, dengan tujuh Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pemilihan bupati (pilbup) maupun pemilihan walikota (pilwali) di Jatim. Di antaranya, KPU Kota Madiun, Kota Mojokerto dan Kota Kediri, KPU Kabupaten Bojonegoro, KPU Kabupaten Madiun, KPU Kabupaten Magetan dan KPU Kabupaten Probolinggo.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menyatakan terkait tahapan pendaftaran pasangan calon, pihaknya tidak hanya melaksanakan pengumuman dan menerima pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim saja. Melainkan juga ada salah satu syarat yang harus dilaksanakan dengan pihak eksternal rumah sakit, yakni pemeriksaan kesehatan pasangan calon.

"Syarat rumah sakit juga sudah ditentukan yakni tipe A, sehingga kami butuh kerjasama dengan RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Soetomo Surabaya, dr. Harsono menyatakan terima kasih telah diberikan kepercayaan dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan. Baik itu untuk Pilgub Jatim dan Pilkada serentak di Kabupaten/Kota, yang digelar oleh KPU Provinsi dan 7 KPU Kabupaten/Kota.

Dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon. Pihaknya tidak sendiri, masih ada dua rumah sakit lagi di Jawa Timur yang juga melakukan pemeriksaan kesehatan yakni RSAL dr Ramelan Surabaya dan Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. Kedua rumah sakit tersebut juga melakukan pemeriksaan, untuk beberapa Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada di Jawa Timur.

"Tentu akan kami siapkan semaksimal mungkin, agar semua yang berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan bisa maksimal," ucapnya. Sebagai tambahan, jadwal pemeriksaan pasangan calon pada 8-15 Januari 2018 mendatang.

(NS/NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata