1. HOME
  2. KABARE JATIM

Harga semen di dua daerah NTT sama dengan Jawa

"Program Rumah Kita ini dimulai setelah diinstruksikan oleh Pak Menhub (Budi Karya Sumadi)," kata Askhara.

Launching semen murah untuk NTT. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 31 Agustus 2017 12:02

Merdeka.com, Jatim - Masyarakat Waingapu dan Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal merasakan harga semen sama dengan di Jawa. Sebelumnya harga semen per karung Rp 55.000, namun kini harganya bisa ditekan hingga Rp 47.500 per karungnya.

"Program Rumah Kita ini dimulai setelah diinstruksikan oleh Pak Menhub (Budi Karya Sumadi). Tujuannya untuk menekan harga kebutuhan premier di wilayah Indonesia Timur, khususnya di wilayah cakupan Pelindo III," kata Direktur Utama PT Pelindo III I G. N. Askhara Danadiputra, usai dilakukan seremonial pemuatan semen murah program Rumah Kita di Terminal Jambrud Tanjung Perak, Kamis (31/8).

Dalam pengiriman kali kedua ini, sebanyak 2.700 karung /40 kilogram semen ini diangkut dengan 6 kontainer berukuran 20 feet melalui kapal KM Logistik Nusantara milik PT Pelni.

Askhara menargetkan, sesampainya di tujuan, semen murah ini dapat menekan hingga 14-16 persen pasar semen di tempat tujuan.

Dalam program ini, PT Pelindo III berperan menyediakan dan menyiapkan sarana perdagangan serta tempat-temat atau gudang penyimpanan untuk bahan kebutuhan pokok. Termasuk menyiapkan rencana lokasi pelabuhan, gudang, fasilitas dan peralatan serta pelayanan jasa kepelabuhanan.

Kemudian, Perum Bulog berperan menyiapkan barang-barang kebutuhan pokok untuk memenuhi komoditas yang diperlukan masyarakat di gudang dan tempat penyimpanan. Juga melakukan pendistribusian bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat, termasuk melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat sesuai target yang ditetapkan.

"Nantinya melalui Bulog di sana, semen murah ini langsung diarahkan ke konsumen, tidak melalui perantara," kata Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan Widyas Wendra.

Sedangkan PT Pelni berperan menyelenggarakan angkutan kapal penunjang tol laut guna pendistribusian bahan kebutuhan pokok. Selain itu PT Pelni menjamin ketersediaan ruang di angkutan kapalnya untuk barang Bulog yang sudah terjadwal pengirimannya.

Adapun kapal akan bertolak ke Rote dan Waingapu pada 4 September dan ditargetkan sampai pada 14 September mendatang. Turut hadir dalam pelepasan semen murah ini General Manager PT Pelindo Cab Tanjung Perak Joko Noerhoeda, Senior Manager SCM Semen Indonesia Bagus Dwiwasono dan Kabag Operasi Pelni Surabaya Yusuf.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Bisnis
KOMENTAR ANDA