1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul lepas ekspedisi Jatim Mengabdi IMM Unmuh Surabaya

"Melalui pengabdian sosial ini kampusnya makin terkenal dan sebaliknya masyarakat juga mendapatkan pencerahan," kata Gus Ipul.

Wagub Jatim Saifullah Yusuf didampingi Warek I UM Abdul Aziz Alimul Hidayat bersama IMM Unmuh. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 29 Agustus 2017 11:17

Merdeka.com, Jatim - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melepas secara simbolis keberangkatan ekspedisi Jatim Mengabdi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Surabaya, di Gedung G Lantai-6 Unmuh, Jalan Sutorejo Surabaya, Senin (28/8).

Dalam kesempatan itu Gus Ipul memberikan apresiasi atas kegiatan Bakti sosial IMM Unmuh Surabaya. Dikatakan, pengabdian sosial ini penting untuk mahasiswa dan kampus, serta membawa kebaikan untuk masyarakat. "Melalui pengabdian sosial ini kampusnya makin terkenal dan sebaliknya masyarakat juga mendapatkan pencerahan," ujarnya .

Yang perlu dibawa dalam ekspedisi ini, mahasiswa memberikan penyuluhan, mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungannya, berpartisipasi dalam pembangunan. Masyarakat juga diajak untuk bisa menjalankan perintah agama dengan baik.

Dalam pengabdian ini agar para mahasiswa semakin menjadi hamba yang terus meningkatkan spiritual happiness, tidak mudah putus asa dalam keadaan apapun, karena menyadari hidup ini pada akhirnya kita akan kembali pada Yang Maha Esa.

Selain dekat dengan Tuhan manusia juga harus pintar, dan berbuat baik dengan sesama. Maka dari itu, kebaikan yang dimiliki mahasiswa Unmuh hendaknya ditularkan kepada masyarakat.

Di sisi lain ada pekerjaan rumah, yaitu menangani kemiskinan, terutama pada infrastruktur dasar dan pelayanan dasar. Kalau dua hal ini bisa diatasi, maka kemiskinan turun drastis, kesenjangan juga akan berkurang.

Infrastruktur dasar, yaitu rumah tidak layak huni, sarana air bersih dan sanitasi dihadirkan, karena pada dasarnya masyarakat pada desa I tidak terlayani. Sedangan pelayanan dasar meliputi derajat pendidikan dan kesehatan.

"Para mahasiswa Unmuh Surabaya diharapkan bisa membantu dua sasaran pokok ini. Memang, pemerintah tiap tahun bekerja merenovasi rumah tidak layak huni tapi masih perlu dukungan stake holder yang lain termasuk mahasiswa," ujarnya.

Sebanyak 700 orang mahasiswa UNMUH Surabaya mulai 28 Agustus s/d 5 September akan mengabdikan diri ke pelosok-pelosok, yaitu ke Ds/Kec Lumbang Kab Probolinggo, Ds Blentreng Kec Gondang Kab Mojokerto, Ds Ngawun Kec Parengan Tuban, Ds Sumbersono Kec Kertosono Nganjuk, Ds Gedangan Kec Sumobito Jombang dan Ds Salamrego Kec Brebek Nganjuk.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabare Jatim
KOMENTAR ANDA