1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul dinobatkan sebagai Bapak TPQ Jawa Timur

"Gus Ipul semangat memperjuangkan nasib TPQ di Jawa Timur untuk memperluas dan membela dakwah agama Islam"

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 19 Desember 2017 12:33

Merdeka.com, Jatim - Yayasan TPQ An Nahdiyah menobatkan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi 'Bapak TPQ Jawa Timur' saat Peringatan Maulid Rasulullah SAW dan Istighosah Kubro Ke-VIII Santri TPQ An Nahdiyah dan Madrasah Diniyah Santri Se-Cabang Pondok Pesantren Langitan Tuban, di Masjid Al-Akbar Surabaya, Selasa (19/12).

Gus Ipul dinilai sosok yang terus memperjuangkan nasib lembaga TPQ dan madrasah diniyah (madin) di Jawa Timur. "Gus Ipul semangat memperjuangkan nasib TPQ di Jawa Timur untuk memperluas dan membela dakwah agama Islam," ungkap pembina Yayasan TPQ An Nahdiyah, Maksum Faqih.

Sementara Gus Ipul mengatakan, perkembangan pondok pesantren utamanya dipengaruhi oleh muassis (pendiri) dan pengasuhnya. "Juga coba tanya alasan santri masuk ke pondok itu, sebagian dari mereka pastinya santri takzim, hormat sekaligus ngala berkah kepada muassis dan pengasuhnya," jelasnya.

Setelah itu, ditentukan oleh alumni yang membuat ponpesnya dikenal oleh masyarakat. Termasuk alumni pondok Langitan yang telah berkiprah dan menjadi tokoh diakui keilmuannya di tengah-tengah masyarakat.

Gus Ipul merasa bangga dengan para alumni Langitan. Sebab banyak dari mereka setelah lulus, mendirikan TPQ maupun madrasah diniyah yang tersebar di kabupaten dan kota di Jawa Timur.

"Anak berumur 0-8 tahun, saat itu masa emas untuk pendidikan karakter. Dan adanya TPQ dan madin bisa melahirkan anak-anak yang berkarakter berkualitas," katanya.

Gus Ipul mengatakan, selama ini Pemprov Jatim terus memperhatikan madrasah diniyah. Dimulai dari adanya bosda, tunjangan guru madin, hingga beasiswa tahfiz dan tahfidziah.

"Ke depan, kami akan bahas bagaimana untuk memikirkan nasib TPQ," katanya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Gus Ipul
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
KOMENTAR ANDA