1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul berharap masjid bisa dijadikan tempat menangkal hoax

"Zaman dulu, para aulia, kiai dan ulama menjadikan waktu usai Salat Jumat sebagai ajang diskusi keumatan," kata Gus Ipul.

Gus Ipul diskusi lesehan usai Salat Jumat di Masjid Alfalah Surabaya . ©2018 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Jum'at, 24 November 2017 18:41

Merdeka.com, Jatim - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta umat Islam bisa memanfaatkan pertemuan-pertemuan rutin di masjid sebagai ajang konsolidasi keumatan guna menangkal maraknya berita bohong atau hoax.

Permintaan Gus Ipul ini disampaikan ketika memberikan tausiyah singkat usai mengikuti Salat Jumat di Masjid Al Fallah, Jalan Darmo Surabaya, Jumat (24/11/2017). "Zaman dulu, para aulia, kiai dan ulama menjadikan waktu usai Salat Jumat sebagai ajang diskusi keumatan membahas berbagai masalah serta ajang untuk klarifikasi atau tabayun menangkal isu-isu yang tidak benar atau hoax," kata Gus Ipul.

Masjid selain tempat beribadah juga harus dijadikan lokasi utama mempersatukan umat. Berbagai hal bisa dibahas dan digerakkan dari masjid. Semua bermuara demi kesejahteraan umat. Ekonomi keumatan misalnya, juga bisa dibahas dan digerakkan dari masjid.

Sementara itu, Gus Ipul sendiri mengikuti Salat Jumat di Masjid Al Fallah dengan memilih barisan di emperan masjid. Bahkan meski tepat di depannya ada tetesan bocor air hujan, Gus Ipul tetap duduk bersila di emperan masjid sambil mendengarkan Khutbah Jumat.

Melihat adanya Gus Ipul, takmir masjid lantas memberikan waktu bagi Gus Ipul memberikan sedikit tausiyah. Setelah memberikan tausiyah sekitar 15 menit, Gus Ipul tiba-tiba diserbu para jamaah untuk bersalaman dan berfoto selfie.

Gus Ipul juga sempat diajak berdiskusi dengan cara duduk di tengah jemaah yang melingkar. Berbagai permasalahan keumatan disampaikan. Beberapa jemaah juga sempat curhat.

"Saya ini asli Pasuruan Gus, tapi sudah lama tinggal di Surabaya. Mumpung ketemu Gus Ipul, saya pingin menyampaikan jembatan Suramadu sudah tersambung, saya berharap perekonomian warga Madura bisa segera meningkat," kata Subakir, jemaah asal Wonokromo.

(NS/MA)
  1. Gus Ipul
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
  3. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA