1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul akan perkuat pembangunan di desa

Melalui program Desa Cerdas, Gus Ipul akan memanfaatkan teknologi untuk kemakmuran desa.

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 15 Januari 2018 11:29

Merdeka.com, Jatim - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) menyiapkan sejumlah program untuk mewujudkan Jawa Timur makmur. Salah satunya adalah program untuk kemakmuran di desa. Program itu namanya Desa Cerdas.

"Kami juga ingin memperkuat pembangunan di desa, layanan lebih ditekankan kepada masyarakat di tingkat desa," ujar Gus Ipul, usai menghadiri acara Maulid Nabi dan Haul Syekh Abdul Qodir Jailani di Desa Desa Durung Bedug, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1).

Gus Ipul mengungkapkan, salah satu yang bisa dikembangkan untuk memperkuat pembangunan dan pelayanan di tingkat desa dengan menerapkan teknologi.

Dia melanjutkan, diterapkan teknologi untuk mempermudah masyarakat dalam proses pengurusan sejumlah surat di tingkat desa, sehingga tidak perlu lagi datang ke kecamatan maupun di tingkat yang lebih tinggi.

"Supaya masyarakat (mudah) misalnya, kalau mengurus akte kelahiran tidak perlu jauh-jauh (ke kecamatan dan kabupaten), tetapi langsung cukup ke kantor desa," katanya.

Gus Ipul berharap, melalui program pelayanan berbasis teknologi itu agar mampu memberi kemudahan bagi masyarakat desa, serta untuk memangkas birokrasi. "Meskipun nanti acc (persetujuan) lewat camat atau juga tingkat dua, tetapi dengan teknologi sebetulnya bisa diurus di desa. Percepatan seperti ini yang kita inginkan," katanya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Gus Ipul
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
  3. Pilgub Jatim
  4. Media Interaktif
KOMENTAR ANDA