1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul akan percepat pembangunan di Madura

Tidak hanya infrastruktur, Gus Ipul juga akan membangun SDM-nya.

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 30 Januari 2018 12:41

Merdeka.com, Jatim - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, akan mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah Madura. Sebab, wilayah itu masih butuh perhatian lebih dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

"Terus terang, selama saya mendampingi Pakde (panggilan Soekarwo) Jawa Timur itu terus berkembang. Tetapi, ada yang harus dilakukan perubahan menjadi pekerjaan rumah ini adalah pembangunan wilayah Madura," kata Gus Ipul, saat menghadiri acara silahturahmi Ikamra di Jalan Raya Demak, Surabaya, Senin (29/1).

Dia mengungkapkan, di era Gubernur Jawa Timur dipimpin Imam Utomo mempunyai konsep untuk membangun Jembatan Surabaya menuju Madura. Dengan tujuan mendorong perkembangan pembangunan yang ada di Madura.

Namun, seiring berjalannya waktu selama hampir 10 tahun di era pemerintahan dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan dirinya, sudah terlihat banyak perkembangan dan pembangunan. "Tetapi, berdasarkan data BPS (badan pusat statistik), empat Kabupaten di Madura masih belum beruntung. Masih bagian dari sepuluh terbawah, angka kemiskinan itu adalah di Sampang, kedua di Bangkalan, disusul Sumenep. Jadi ini semua masih di Madura semua," katanya.

Masalah lainnya seperti garam, dan tembakau yang dulunya merupakan ikon di pulau Madura. Dari situ, akumulasi, indikator, bahwa wilayah Madura itu masih tercatat nomor sepuluh mengenai pembangunan infrastruktur. Untuk itu, Gus Ipul yang maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur minta restu, dan kepercayaan masyarakat di Madura. Akan memajukan wilayah Madura, perkembangan pembangunannya lebih cepat dan maju.

"Insya Allah, kalau nanti saya diberi amanah (Gubernur Jawa Timur), Madura akan menjadi skala prioritas mempercepat pengembangan pembangunan. Kemudian peningkatan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Wilayah daerah lainnya, kata Gus Ipul, nanti bukannya menjadi skala prioritas. Tetapi, berdasarkan data BPS, masih terdapat di wilayah pantai utara, termasuk di antaranya adalah Madura. "Jadi tidak hanya di pulau-pulau kecil yang ada di Madura saja dikembangkan. Tetapi, di wilayah selatan juga dibangun, supaya nantinya semua maju. Baik utara, selatan maupun tengah. Akhirnya Jawa Timur menjadi makmur," katanya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Gus Ipul
  2. Infrastruktur
  3. Pilgub Jatim
  4. Media Interaktif
KOMENTAR ANDA
MEDIA INTERAKTIF
Keren nih! Program Seribu Dewi dari Gus Ipul bisa kurangi pengangguran dan kemiskinan

"Bayangkan kalau ada seribu desa wisata, berarti pengangguran terkurangi," kata Gus Ipul.

IKUTI DISKUSI
TERPOPULER
Pariwisata