1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gubernur Lemhanas pastikan konflik Rohingya tak akan merembet ke Indonesia

"Coba kita lihat itu sebagai kasus Rohingya sebagai permasalahan yang terjadi di Myanmar. Tidak di Indonesia," kata Agus.

Gubernur Lemhannas. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 07 September 2017 11:12

Merdeka.com, Jatim - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lemhanas) RI Letjen (Purn) Agus Wijoyo memastikan konflik Rohingya tidak bakal terjadi di Indonesia.

"Coba kita lihat itu sebagai kasus Rohingya sebagai permasalahan yang terjadi di Myanmar. Tidak di Indonesia," kata Agus saat menghadiri International Conference on Contemprory Social and Political Science Affair (ICoCSPA) 2017 Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Kamis (7/9).

Dilihat dari proses berkembangnya, ia menjelaskan, kasus Rohingya sudah berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Bahkan faktornya, juga berasal dari ranah sosial, budaya dan politik.

"Tidak semata karena kasus agama. Dan kita harus punya pengetahuan tentang ini. Karena ada pihak-pihak yang memanfaatkan isu Rohingya untuk kepentingan tertentu. Jangan kita terus terjebak masuk," paparnya.

Dibandingkan dengan di Indonesia, menurut dia, selama ini gerakan-gerakan yang ada masih dalam koridor demokrasi. "Tidak ada yang sampai keluar dari kaidah demokrasi," katanya.

Terakhir, ia melihat, Myanmar sudah mulai mencari penyelesaian menangani konflik yang terjadi di masyarakatnya. "Mereka baru membuka diri untuk berdemokrasi," ujarnya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabare Jatim
KOMENTAR ANDA