1. HOME
  2. KABARE JATIM

Cerita lama terkuak saat PAN sodorkan Masfuk dampingi Gus Ipul

"Kawan-kawan sepakat itu (cawagub), Pak Masfuk. Moga-moga dilamar, moga-moga diajak, moga-moga digandeng," kata Ach Rabaie.

Gus Ipul dan Masfuk. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 15 Juni 2017 10:06

Merdeka.com, Jatim - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jatim satu suara mengajukan ketuanya, Masfuk, maju menjadi calon wakil gubernur (cawagub). Mereka menginginkan Ketua DPW-nya berpasangan dengan bakal calon gubernur (bacagub) PKB, Saifullah Yusuf.

Kehendak ini terlontar dalam silaturahmi politik antara PAN dan PKB di kantor DPW PAN, Jalan Darmokali, Surabaya, Rabu (14/6). "Kawan-kawan sepakat itu (cawagub), Pak Masfuk. Moga-moga dilamar, moga-moga diajak, moga-moga digandeng," kata Ketua Komite Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) PAN Jatim Ach Rabaie.

Masfuk mengaku siap untuk mendampingi Gus Ipul seperti yang diinginkan partainya. Ia juga menyebutkan, sudah kenal lama dan terjalin komunikasi dengan baik dengan Wagub Jatim dua periode ini.

Bahkan ia menceritakan, dirinya tak jarang ditelepon malam-malam oleh Gus Ipul. Setelah sampai ke kediaman Masfuk, ada permintaan dari sang tamu. "Minta dibuatkan mie goreng dengan cabai dan telur. Setelah itu kita ngobrol sampai lepas dini hari," paparnya.

Tak hanya itu, ada pengalaman menarik keduanya. Saat itu, Masfuk masih menjadi Bupati Lamongan, sementara Gus Ipul sudah menjadi wagub. Keduanya tengah diberangkatkan ke Amerika Serikat.

"Saat itu, saya sempat dicegah oleh Gus Ipul menghajar orang yang menghina Indonesia," kata mantan Bupati Lamongan dua periode ini.

Gus Ipul menambahkan, saat itu keduanya bertemu dengan salah seorang yang berasal dari Sulawesi Utara. Parahnya, di negara orang itu, orang ini justru mengatakan kalau kemerdekaan Indonesia itu hadiah, bukan perjuangan.

"Ketika Pak Masfuk ingin menghajar orang itu, saya cegah. Saya bilang, ya jangan di sini," kelakar Gus Ipul.

Kemudian, keduanya dalam kunjungan itu juga melawat ke ibu kota negara bagian Arkansas, Little Rock. Lantaran lapar, keduanya mendatangi sebuah restoran. Bingung hendak apa dilakukan, melihat seluruh pelayannya orang asing.

"Tiba-tiba ada seseorang menyapa 'Pados nopo, Pak?'. Ternyata ada orang Jawanya. Setelah ditanya asalnya, ternyata dari Lamongan. Kebetulan Pak Masfuk waktu itu juga Bupati Lamongan," ujar Gus Ipul diiringi tawa Masfuk dan hadirin.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Gus Ipul
  2. Pilgub Jatim
KOMENTAR ANDA