1. HOME
  2. KABARE JATIM

Cara konkret Pemprov Jatim tanggulangi bencana alam

Salah satunya penanggulangan bencana pada saat pra bencana bertindak preventif.

©2017 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Senin, 27 Maret 2017 16:48

Merdeka.com, Jatim - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengaku fokus mengimplementasikan komponen sistem nasional penanggulangan bencana sebagai langkah konkret mengantisipasi bencana yang akan terjadi. Salah satunya tentang legislasi.

"Ada enam komponen, yaitu legislasi, perencanaan, kelembagaan, pendanaan, pengembangan kapasitas dan penyelenggaraan penanggulangan bencana," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di sela diskusi publik bertema "Membedah Tata Kelola Bencana di Jawa Timur" yang digelar PWI Jatim di Surabaya, Senin (27/3) seperti dilansir dari antara.

Soal legislasi meliputi peraturan daerah, peraturan gubernur, peraturan bupati/wali kota yang terkait penanggulangan bencana. Kemudian perencanaan meliputi rencana penanggulangan bencana, rencana kontingensi, rencana aksi daerah dan sebagainya.

Di sisi kelembagaan, kata dia, adalah pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), unsur pengarah, forum tematik penanggulangan bencana dan lainnya. "Dari sisi pendanaan dari APBD, APBN, partisipasi masyarakat dan dunia usaha, serta pengembangan kapasitas meliputi aparatur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha," ucapnya.

Satu lagi adalah penyelenggaraan penanggulangan bencana yaitu pada saat pra bencana bertindak preventif, pada saat bencana dengan responsif dan usai bencana melakukan pemulihan. Dengan demikian, peran dari berbagai pihak sehingga tak mengandalkan pemerintah untuk menanggulangi bencana karena merupakan tanggung jawab semua elemen.

"Penguatan tata kelola penanggulangan bencana dalam persperktif pemerintah, masyarakat dan dunia usaha menjadi penting untuk diwujudkan bersama," katanya.

(MH/MH)
  1. Bencana Alam
  2. Gus Ipul
  3. Ngopi Bareng Gus Ipul
KOMENTAR ANDA