1. HOME
  2. KABARE JATIM

Bulan ini pengguna E-Port di Tanjung Perak dapat potongan 10 persen

"Per tanggal 1 September, kami akan terapkan bertahap di seluruh pelabuhan area Pelindo III dimulai dari Tanjung Perak, Surabaya," kata Askhara.

Penerapan e-Port di Tanjung Perak. ©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 05 September 2017 11:52

Merdeka.com, Jatim - Tanjung Perak menjadi pelabuhan pertama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang menerapkan penggunaan e-port dalam transaksinya. Menariknya, selama September ini bagi pengguna e-port bakal mendapatkan potongan 10 persen di tiap transaksinya.

Konsep e-Port merupakan salah satu bentuk transformasi layanan Pelindo III dari sistem manual ke digital. Dalam mengimplementasikan e-Port tersebut, Pelindo III telah menggandeng pihak perbankan yang selama ini sudah bekerjasama pada segmen bisnis kepelabuhanan, yakni Bank Mandiri dan BNI.

Direktur Utama PT Pelindo III I G. N. Askhara Danadiputra menjelaskan, E-port ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat pelayanan transaksional di pelabuhan serta mendukung penggunaan uang elektronik seiring dengna dikeluarkanya kebijakan pemerintah melalui Bank Indoneisa (BI) tentang pengurangan penggunaan uang tunai (cashless). Atau juga dikenal dengan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

"Per tanggal 1 September, kami akan terapkan bertahap di seluruh pelabuhan area Pelindo III dimulai dari Tanjung Perak, Surabaya," kata Askhara, usai dilakukan seremonial pemuatan semen murah program Rumah Kita di Terminal Jambrud Tanjung Perak, Kamis (31/8). Setahun sebelumnya, Askhara menjelaskan, rencana e-port ini sudah dibahas. Namun realisasinya baru pada 1 September lalu.

General Manager PT Pelindo Cab Tanjung Perak Joko Noerhoeda menyebutkan, potongan 10 persen itu sebagai upaya Pelindo guna mensosialisasikan e-port itu kepada masyarakat. "Potongan ini khusus bulan September ini," kata Joko.

Dengan implementasi program baru ini, Manajemen Pelindo III berharap setiap orang dan kendaraan yang masuk di area pelabuhan mulai beralih untuk menggunakan uang elektronik. Sehingga sesuai target diharapkan mulai tanggal 1 Oktober 2017 semua orang dan kendaraan yang masuk ke area Pelabuhan Tanjung Perak sepenuhnya menggunakan e-Port.

Selain dapat diperoleh di Bank Mandiri dan BNI, kartu e-Port juga disediakan langsung di Divisi Aneka Usaha dan Properti Pelabuhan Tanjung Perak dimana pada tempat tersebut sudah terdapat petugas Pelindo III yang siap membantu dan menjelaskan terkait dengan penggunaan e-Port.

Selanjutnya, Askhara memprediksi penggunaan e-port juga akan mulai diterapkan untuk Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang pada 15 September mendatang bersamaan dengan Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Kabare Jatim
KOMENTAR ANDA