1. HOME
  2. KABARE JATIM

Gus Ipul berharap murid-murid berprestasi ini kelak jadi pemenang

Gus Ipul menerima siswa berprestasi dari Sulawesi Utara.

Editor : Nur Salam | Laporan : Fahmi Aziz
Selasa, 01 Agustus 2017 10:15

Saat menerima kunjungan studi banding Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Tenggara, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berpesan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya dengan disiplin.

"Dengan demikian diharapkan menjadi pemimpin yang akan datang, menjadi generasi pemenang dan dapat mengatasi zamannya dengan baik," kata Gus Ipul di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Senin (31/7).

Menurut dia, negara yang maju umumnya disiplin. Tidak ada orang yang sukses tanpa tanggung jawab dan disiplin, baik disiplin menghargai waktu, disiplin pada diri sendiri maupun pada orang lain.

Terutama dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, Gus Ipul mengajak seluruh pihak kita tidak bisa menutup diri. "Di era keterbukaan harus open minded," katanya.

IT, lanjut Gus Ipul, bisa mempunyai nilai positif atau bisa negatif tergantung pribadi/individu masing-masing memanfaatkannya. "Di tengah arus globalisasi bergaul dengan siapa saja harus punya karakter, artinya disiplin, open minded dan dekat dengan Allah, berpendidikan dan mempunyai keterampilan khusus," ujarnya.

Program ini dimaksudkan untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia, dengan menanamkan rasa bangga kepada diri para siswa sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara. Melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan, dan meningkatkan rasa percaya diri sebagai bangsa yang memiliki keragaman, hal ini selaras semboyan 'Bhineka Tungga Ika'.

Sejak tgl 31 Juli - 5 Agustus sebanyak 20 orang siswa SMA kelas XI peserta SMN, dengan pendamping dua orang guru teladan dan seorang pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara akan tinggal di rumah keluarga/masyarakat di Gresik, dengan harapan mereka dapat mengenal keluaga tradisi Jawa.

Selama di Jatim, mereka akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan mengenai kebudayaan dan kearifan lokal Provinsi Jatim, meliputi, sosial budaya, pendidikan dan entrepreneurship.

Di bidang sosial budaya mereka akan mengunjungi monumen dan museum 10 Nopember Jembatan Suramadu, museum kapal selam. Sedangkan di bidang pendidikan akan berkunjung ke SMAN 5 Surabaya dan SMA Taruna Nala Malang. Selain itu untuk menambah wawasan mengenai entrepreneurship ke industri kecil kripik apel Malang dan industri kulit di Tanggulangin Sidoarjo.

Di samping itu, mereka juga akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai BUMN dengan mengunjungi PT Garam, PT INKA, PT Jasa Tirta, PT SIER.

1/4

Hak Cipta: © 2017 jatim.merdeka.com
  1. Gus Ipul
  2. Pendidikan
KOMENTAR ANDA