1. HOME
  2. BISNIS

Gus Ipul: Koperasi jadi salah satu pilar ekonomi Indonesia

Koperasi menjadi salah satu wahana sekaligus implementasi dalam mengatasi kesenjangan masyarakat.

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 18 Juli 2017 08:34

Merdeka.com, Jatim - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, koperasi merupakan implementasi gotong royong di bidang ekonomi dari Pancasila. Melalui gotong royong inilah pihak yang besar dan kecil saling membantu agar semua sejahtera.

“Itulah koperasi yang menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia,” ujar Gus Ipul saat memberangkatkan Pusat Koperasi Karyawan (Puskopkar) Jatim Fun Walk di Parkir Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (16/7).

Karena itu, koperasi bisa menjadi andalan dalam menghadapi masa depan Indonesia. Koperasi bisa diandalkan ketika Indonesia memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta diharapkan untuk ikut ambil bagian mengatasi kesenjangan yang ada.

“Koperasi menjadi salah satu wahana sekaligus implementasi dalam mengatasi kesenjangan masyarakat,” jelas Gus Ipul.

Dihadapan peserta fun walk, ia menyampaikan rasa bangga atas perkembangan koperasi di Jatim. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim, jumlah koperasi di Jatim mencapai hampir 32 ribu unit dengan total aset mencapai Rp 25 triliun.

“Jumlah koperasi di Jatim semakin banyak dan maju. Maju terus koperasi kita, sukses selalu untuk koperasi,” harapnya.

Gus Ipul menambahkan, dalam menghadapi tantangan ke depan koperasi harus bisa meningkatkan kualitas SDM dan manajemen, serta menciptakan pasar.

SDM bisa ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan yang disusun Dekopinwil. Solidaritas anggota bisa diperkuat dengan membuat manajemen yang modern dan transparan. Selain itu, Pemprov Jatim terus mendorong koperasi untuk menciptakan dan mengembangkan pasar.

“Paling tidak mencatat semua yang dilakukan dan melakukan apa yang dicatat. Manajemennya ini yang terukur, modern dan bisa mengikuti perkembangan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Puskopkar Jatim Tri Harsono mengatakan, jalan sehat dalam rangka HUT Koperasi ke-70. Sekitar 3.500 orang mengikuti jalan sehat ini.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Ekonomi
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
KOMENTAR ANDA