1. HOME
  2. BISNIS

Gus Ipul: Kita kekurangan pengusaha, kalau politikus banyak

Gus Ipul mengajak anak-anak muda untuk terjun di dunia usaha.

©2018 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 07 November 2017 11:34

Merdeka.com, Jatim - Gus Ipul Beber Kiat Sukses di Usia Muda ke Mahasiswa

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melihat saat ini sekitar 60 persen anak muda Indonesia sudah terlibat di sektor perekonomian nasional. Ini merupakan angin segar bagi perekonomian Tanah Air mendatang.

"Saat ini, 60 persen kaum muda (16-30 tahun) terlibat dalam kegiatan ekonomi," kata Gus Ipul saat Seminar Rahasia Sukses di Usia Muda,  Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Senin (6/11).

Gus Ipul menjelaskan, para anak muda itu bekerja dan merintis atau sudah memiliki usaha. "10 persen di antaranya sudah memiliki usaha sendiri, " ujar Gus Ipul.

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) telah mengeluarkan hasil surveinya terkait generasi millenial Indonesia. Hasilnya, mereka memiliki optimisme terhadap masa depannya.

Masyarakat millenial ini menganggap pekerjaan, keuangan dan karier menjadi bagian penting dalam kehidupan. "Hanya 16 persen yg tidak optimis," paparnya.

Menurut dia, dua hal ini menjadi modal luar biasa. Terutama memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan juga bonus demografi 2020.

Gus Ipul juga membeberkan kiat sukses di usia muda.  Di antaranya, tidak pernah perhitungan dengan kebaikan. "Kebaikan ini menjadi investasi masa depan," katanya.

Selain itu, anak muda harus fokus, jangan putus asa, kreatif dan inovasi. "Mulailah masuk ke dunia usaha. Kita masih kekurangan pengusaha,  kalau politisi sudah banyak," katanya.

(NS) Laporan: Fahmi Aziz
  1. Gus Ipul
  2. Ngopi Bareng Gus Ipul
  3. Bisnis
KOMENTAR ANDA